Kamis, 05 Maret 2015

CARA MERAJUT SYAL/SELIMUT DENGAN KNITTING


Hai teman2, kali ini saya lagi mau buat throw, atau selimut kecil untuk satu orang, enak buat sambil baca atau nonton tv hehe. Tapi sebenernya pola dan cara ini bisa juga untuk bikin syal, tergantung lebar yang dibuat saja.
Rajutan ini menggunakan knitting dengan pola zig zag.
Untuk menentukan berapa lebar yang dibutuhkan, gauge nya coba saja bikin 20 sts garter stitch, dapetnya berapa cm, jadi ntar bisa tau harus berapa sts untuk mendapatkan lebar yang di inginkan.
Saya menggunakan benang big ply dari benangrajutq.com dan menggunakan jarum knitting ukuran 5mm
Menurut hitungan saya berarti saya membutuhkan 150 sts untuk mendapatkan lebar selimut yang saya inginkan, moga2 ga salah hitung dan kependekan deh hehe.

POLA

Buat 6 baris garter stitch (knit di setiap row), lalu polanya sbb:
  1. Rows 1 and 2: * P2, K2; ulang dari *.
  2. Row 3: P1, * K2, P2; ulang dari *, akhiri dengan K2, P1.
  3. Row 4: K1, * P2, K2; ulang dari *. akhiri dengan P2, K1.
  4. Rows 5 and 6: * K2, P2; ulang dari * .
  5. Row 7: ulangi  row 4.
  6. Row 8: ulangi row 3.
  7. Rows 9 and 10: ulangi row 1.
  8. Row 11: ulangi row 4.
  9. Row 12: ulangi row 3.
  10. Rows 13 and 14: ulangi row 5.
  11. Row 15: ulangi row 3.
  12. Row 16: ulangi row 4.
  13. Ulangi rows 1 through 16 sampai mencapai panjang yang diinginkan.
  14. Buat 5 rows garter stitch.
  15. Bind Off.
Punya saya belum jadi, tapi kira2 motifnya seperti ini:
membuat-selimut-rajut-zig-zag
Dan jangan lupa di catat ya lagi ada di baris ke berapa, karena kalau knitting suka susah ngitung nya lagi ada di baris yang mana.

1 komentar: